Waktu Sholat Dhuha & Batasnya

Assalamualaykum ikhwani wa akhwati fillah. Kapan Waktu Sholat Dhuha Dimulai Dan Kapan Batas Waktu Sholat Dhuha Berakhir?

 

Karena begitu besarnya manfaat dari sholat dhuha maka tidak heran banyak umat islam mencari kapan sebenarnya waktu sholat dhuha dimulai dan kapan batas waktunya berakhir.

Waktu Sholat Dhuha Dimulai

Mengapa dinamaka sholat dhuha? Sebab sholat tersebut dilaksanakan saat matahari meninggi hingga dekat dengan waktu zawal (tergelincirnya matahari ke barat). (sumber Minhatul ‘Allam, 3: 342). Setidakny ada 3 pembagian yang ketiganya memiliki dalil yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai kapan diperbolehkan untuk dimulainya sholat dhuha.

– Setelah Posisi Matahari Setinggi Tombak

Hadits dari ‘Amr bin ‘Abasah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلِّ صَلاَةَ الصُّبْحِ ثُمَّ أَقْصِرْ عَنِ الصَّلاَةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ حَتَّى تَرْتَفِعَ فَإِنَّهَا تَطْلُعُ حِينَ تَطْلُعُ بَيْنَ قَرْنَىْ شَيْطَانٍ وَحِينَئِذٍ يَسْجُدُ لَهَا الْكُفَّارُ

“Kerjakan shalat shubuh kemudian tinggalkan shalat hingga matahari terbit, sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud.” (HR. Muslim no. 832). (Lihat Minhatul ‘Allam, 3: 347).

Dari hadits diatas dijelaskan bahwa setelah sholat subuh telah selesai dilaksanakan, maka tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin juga berkata “Awal waktu shalat Dhuha adalah ketika matahari meninggi setinggi tombak ketika dilihat yaitu 15 menit setelah matahari terbit.” (Syarh Al Arba’in An Nawawiyah, hal. 289)

– Kapan Waktu Sholat Dhuha Paling Afdol/ Terbaik

Karena besarnya keutamaan sholat dhuha, maka apakah ada waktu terbaik dan yang paling afdhol dalam melaksanakan sholat dhuha?

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ. إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Zaid bin Arqom melihat sekelompok orang melaksanakan shalat Dhuha, lantas ia mengatakan, “Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa selain waktu yang mereka kerjakan saat ini, ada yang lebih utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Waktu terbaik) shalat awwabin (shalat Dhuha) yaitu ketika anak unta merasakan terik matahari.” (HR. Muslim no. 748). Artinya, ketika kondisi panas di akhir waktu.

Kapan Batas Waktu Sholat Dhuha

Batas akhir waktu shalat dhuha adalah sebelum waktu larangan shalat, yaitu ketika bayangan tepat berada di atas benda, tidak condong ke timur atau ke barat. Untuk menentukan batas akhir waktu dhuha, anda bisa perhatikan bayangan benda. Menurut Syaikh Ibnu  kira-kira batas waktu mengerjakan sholat dhuha sekitar 10 atau 5  menit sebelum waktu zawal (matahari tergelinir ke barat) atau kurang lebih 10 menit sebelum masuk waktu sholat zuhur.

Baca Juga

Itulah ulasan mengenai kapan waktu sholat dhuha dimulai dan kapan batas waktu sholat dhuha berakhir. Semoga bermanfaat dan berkenan untuk dishare serta mohon maaf bila ada kekeliruan dan mohon untuk diluruskan. Wassalamualaykum Warahmatullah Wabarakatu.

Sumber : Konsultasi Syariah & Rumaysho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *