Sholat Dhuha Berapa Rakaat Sesuai Sunnah

Assalamualaykum ikhwani wa akhwati fillah. Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Doa Sholat Dhuha dan Dzikir setelahnya. Pertanyaan berikutnya yang muncul ialah Sholat Dhuha berapa rakaat yang benar sesuai sunnah dan hadits shahih?

 

Sebelum masuk ke pembahasan, kami dari Tim KajianDakwahIslam.Net mengajak ihwani wa akhwati fillah untuk umroh bersama tim dan atau rekanan kami.

umroh murah 

Banyaknya perbedaan jumlah rakaat sholat dhuha,mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat sampai ke 8 rakaat sebetulnya jika semuanya berlandaskan dalil tidak masalah. Namun berapa jumlah rakaat sholat dhuha yang afdhol?

Keterangan Dari Hadits Mengenai Berapa Jumlah Rakaat Sholat Dhuha Yang Afdhol

 
Berikut ini akan kami paparkan beberapa hadits yang mendasari jumlah rakaat sholat dhuha

Hadits Jumlah Rakaat Sholat Dhuha Sebanyak 2 Rakaat 

وَعَنْ أَبِي ذَرٍّ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقةٌ : فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقةٌ ، وَكُلُّ تَحْميدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبيرَةٍ صَدَقَةٌ ، وَأَمْرٌ بِالمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنِ المُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى )) رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda, “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim, no.  720).

Dari hadits di atas dijelaskan bahwasannya setiap harinya manusia memiliki persendian yang mana seluruhnya harus melakukan sedekah, bayangkan jika pakai nilai keuangan secara lahiriah bila harga merawat 1 sendi setara dengan Rp 1 Juta (permisalan saja), kemudian nilai pearawatan persendian sama dengan besaran sedekahnya, maka bila dalam tubuh manusia memiliki 360 sendi, maka ia harus bersedekah sebanya 360 Juta. Tentunya angka ini bukanlah angka yang kecil dimasa saat ini, oleh karenanya dari hadits diatas dijelaskan bahwa cukup dengan 2 rakaat sholat dhuha sudah tercukupi sedekahnya seluruh persendian kita. Selain itu juga dari hadits diatas dijelaskan bahwa jumlah rakaat yang langsung diucapakan dari lisan Nabi Muhamad Shalallahu alaihi Wassalam ialah sebanyak 2 rakaat.

Hadits Jumlah Rakaat Sholat dhuha Sebanyak 4 Rakaat

 

Dari Abu Darda Radhiallahu ‘anhu ujarnya, Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman: 

يَابْنَ آدَمَ ، صَلِّ لِي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ .

“Wahai anak Adam, shalatlah 4 rakaat untuk-Ku pada waktu Dhuha, maka Aku akan memberikan jaminan yang cukup kepadamu sampai akhir hari itu.”(HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Abu Nu’aim, Al-Haitsami. Ahmad meriwayatkan hadits ini dengan rawi-rawi kepercayaan. Tetapi At-Tirmidzi mengatakan hadits ini hasan)

Baca juga artikel lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *