Pengertian & Keutamaan Umroh

Pengertian & Keutamaan Umroh – KajianDakwahIslam.Net | Assalamualaykum Ikhwani Wa Akhwati Fillah. Umroh merupakan salah satu ibadah yang mulia dan bisa juga dibilang ibadah yang memerlukan suatu upaya besar untuk mengerjakannya. Bagi umat Islam di Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh diperlukan biaya yang tidaklah sedikit, minimal jika merujuk pada biaya umroh yang direkomendasikan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia sebesar Rp 20 Juta. Namun siapa sangka, dibalik biaya umroh yang tidak sedikit ternyata setiap tahunnya di Indonesia ada 1juta jemaah umroh yang berangkat ke tanah suci. Darisini bisa disimpulkan bahwa berapapun besarnya biaya umroh, tetap saja umat islam di Indonesia Alhamdulillah memiliki antusias untuk melaksanakan ibadah tersebut. Artinya ibadah umroh memiliki arti yang cukup menyentuh dan menggerakan hati setiap muslimin dan muslimat di Indonesia. Lantas pertanyaan berikutnya, apa sebenarnya pengertian umroh dan juga apa saja keutamaan umroh?

keutamaan umroh

Pengertian Umroh

Secara bahasa arti atau pengertian umroh adalah kunjungan. Sedangkan secara makna umroh ialah kunjung ke Baitullah di Mekah untuk melakukan serangkaian ibadah, seperti tawaf di Ka’bah, sa’i di antara bukit shafa dan marwah, serta memotong sebagian rambut kepala (tahallul) diakhir kegiatannya.

Berangkat dari pengertian umroh tersebut maka perlu kita ketahui juga bahwa pelaksanaan umroh itu hanya ada di Makkah diluar kota tersebut bukanlah ibadah umroh. Jadi, misalkan ada penawaran paket umroh dari suatu biro selama 9 hari atau lebih dimana jemaah nanti akan ke Makkah dan Madinah, maka pelaksanaan kegiatan selama di Madinah hanyalah kunjungan safar dan ibadah sunnah yang dilakukan di Masjid Nabawi dan area sekitarnya saja. Tapi yang jelas umroh haruslah dikerjakan sesuai sunnah, oleh karenanya carilah biro yang mengajak kita agar bisa ibadah umroh sesuai sunnah

Keutamaan Umroh

Berikut ini merupakan keutamaan dari ibadah umroh.

Keutamaan Umroh Sebagai Penghapus Dosa Seorang Hamba

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Fadilahnya Orang Yang Malaksanakan Umroh Seperti Orang Berjihad

‘Aisyah berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ ».

Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

Penyebab Datangnya Rezeki

Haji dan umroh akan menghilangkan kesusahan hidup dan kemisikinan sebagaimana api menghilangkan karat dari besi. (HR Imam Thabrani)

Berangkat dari hadits ini artinya bila kita melaksanakan umroh secara berkesinambungan ataupun haji, akan terlepas dari kemiskinan dan ujungnya berarti akan mendapatkan kekayaan. Kekayaan disini bukanlah sesuatu yang bersifat mutlak materi, namun saja kekayaan spiritual seperti semakin meningkatnya kualitas dan khusyuknya dalam beribadah.

Terhitung Sebagai Sedekah

Salah satu keutamaan umroh lainnya ialah terkait dengan sedekah. Biaya umroh yang antum keluarkan dengan ikhlas dan juga bila pelaksanaan umrohnya sesuai tuntunan Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam, maka akan mendapatkan pahala sedekah. Coba bayangkan minimal Rp 20 Juta antum mengeluarkan uang dijalan Allah. Semisal antum keluarkan lebih dari itu dikarenakan antum mengingkan paket umroh murah tapi dengan pembimbing dan fasilitas yang berkualitas tentunya insyaAlloh semakin besar juga sedekah antum.

Mendapatkan Keutamaan Pahala Sholat Di Masjidil Haram

Apabila mengerjakan sholat di Masjidil Haram maka akan mendapatkan pahala sebesar 100.000 kali lipat sementara apabila mengerjakan sholat di Masjid Nabawi akan mendapatkan pahala sebesar 1000 kali lipat. Nah mari kita berhitung.  Apabila antum ambil program umroh jum’atain (12 hari dengan 2 hari PP), dengan itenerary 5 hari di Makkah & 5 Hari Madinah, bagaimana perhitungannya jika merujuk dengan hadits Nabi Shallahu Alaihi Wassalam?

Perumpamaan Masjidil Haram & Masjid Nabawi

  • Sholat 5 kali di Masjidil Haram dalam sehari x 5 hari x 100.000 = 2.500.000 kali lipat Plus dikali 27 karena sholat berjamaah = 67.500.000
  • Sholat 5 kali di Masjid Nabawi dalam sehari x 5 hari x 10.000 = 250.000 kali lipat Plus dikali 27 karena sholat berjamaah = 6.750.000

Bandingkan harus menghabiskan berapa tahun jika antum hanya sholat di luar masjid haram?

Nah bila antum sudah matang ingin melaksanakan umroh, salah satu travel rujukan yang insyaAlloh sesuai sunnah ialah umroh murah di Haramainumroh.com

Di travel umroh ini selain memiliki izin resmi Kemenag dan juga terdaftar sebagai anggota Himpuh, Asiata dan juga Komite Akreditasi Nasional, Haramainumroh.com sendiri merupakan pionner travel umroh sunnah di Indonesia, beragam paket umroh murah dengan layanan muthowif diatas rata-rata kelimuannya insyaAlloh bisa antum temukan disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *