Kenapa Kita Diberi Cobaan ?

USTADZ ADI HIDAYAT - COBAAN

Assalamualaikum sahabat fillah, Semoga kita selalu berada di dalam rahmat dan lindungan Allah Subhanahu Wa ta’ala.

Di postingan kali ini kami akan sedikit membahas tentang cobaan di dalam menjalani kehidupan. Kami juga akan menghadirkan vidio ceramah singkat Ustadz Adi Hidayat Lc.MA.

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti mengalami ujian. Bahkan Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam sendiri pun di uji oleh Allah. Apalagi kita yang hanya manusia akhir zaman ?

Cobaan dan ujian yang datang silih berganti adalah bagian dari kehidupan yang harus kita jalani. Yang dengan ujian tersebut apabila kita bisa melewatinya dengan keikhlasan karena Allah semata, insyaallah derajat kita akan ditinggikan oleh Allah dzat yang maha tinggi.

Sahabat fillah, Allah memberikan ujian kepada manusia sesuai dengan kemampuan manusia tersebut. Maka, jika saat ini kita sedang mengalami kesulitan hidup, yakinlah ujian yang sedang kita jalani ini sudah pasti kita dapat melaluinya sesuai janji Allah yang tertuang di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 286 berikut ini :

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Artinya :

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

Akhirul kata semoga kita semua dapat istiqomah menjalani kehidupan sesuai Al-Quran dan Sunnah sebagai pedoman hidup kita hingga ajal menjemput nanti. Aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *