Doa Sholat Dhuha & Dzikir Setelahnya Sesuai Sunnah

sujud sholat

Assalamualaykum ikhwani wa akhwati fillah. Bagaimanakah dzikir dan doa sholat dhuha yang benar sesuai tuntunan Rasul Shalallahu Alaihi Wassalam?

 

Manfaat sholat dhuha memang banyak dan sholat ini merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki waktu dan batas pelaksanaannya. Namun tahukah kita semua bahwasannya doa sholat dhuha yang mungkin beredar ditengah masyarakat ialah doa yang bukan bersumber dari hadits Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam.

Doa setelah sholat dhuha yang beredar di masyarakat secara umum :

 

   اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك

“Allahumma innadhuha dhuha-uka, wal bahaa baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka”?

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu.

“Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah”.

“Demi kebenaran dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaanmu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hambamu yang sholeh”.

Namun Apakah Doa Sholat Dhuha Tersebut Diriwayatkan Dalam Hadist Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam?

Do’a tadi diatas, ialah doa yang disebutkan oleh Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan Ad Dimyathi dalam I’anatuth Tholibiin, namun do’a ini tidak dikatakan sebagai hadits. Sampai sejauh ini belum juga ditemukan dalam berbagai kitab yang menyandarkan do’a ini sebagai hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wallahu a’lam. [Fatwa Mufti Markaz Al Fatawa – Asy Syabkah Al Islamiyah, Dr ‘Abdullah Al Faqih, Fatwa no. 53488, 1 Sya’ban 1425]

Doa & Dzikir Setelah Sholat Dhuha Yang Ada Dalam Hadits Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam

 

Ada hadits yang shahih yang meriwayatkan kebiasaan Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wassalam ketika berdzikir atau berdoa setelah sholat dhuha.

للَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.)

Baca Juga :

Itulah tadi doa dan dzikir setelah sholat dhuha sesuai sunnah. Semoga bermanfaat dan berkenan untuk dishare. Mohon maaf dan juga mohon diluruskan bila ada kekeliruan.Wassalamaualaykum Warahmatullah Wabarakatu

Sumber : Rumaysho& KonsultasiSyariah.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *