Biografi & Profil Dari Ustadz DR. Khalid Basalamah MA

Assalamualaykum ikhwani wa akhwati fillah. Persebaran islam di Indonesia saat ini ke masyarakat yang awam rasanya tidak bisa dilepas dari salah satu sosok Da’i atau Ustadz, salah satunya Ustadz Dr Khalid Basalamah. Dengan taufik dan kemudahan yang diberikan Allah Subhanahu Wa Ta’ala  dalam mempelajari ilmu agama islam dan kelihaiannya dalam menyampaikan halal haramnya dari ketetapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala membuat tidak sedikit dari kita ingin mengetahui profil/ sosok dan biografi Ustadz Dr Khalid Basalamah.

Siapakah Ustadz Khalid Basalamah?

Biografi Ustadz Khalid Basalamah ini kita mulai dari kelahirannya dulu. Beliau lahir di Makassar, 1 Mei 1975 (saat ini berusia 42 tahun).  Beliau lahir memang lekat dengan keluarga yang memegang ajaran agama islam. Ayahnya seringkali mengajaknya diskusi sejak dari SMA, bila dari pendapat Ustadz Khalid Basalamah ada yang benar maka ia akan membenarkannya. 

Ayah ustadz Khalid Basalamah pun adalah sosok orang tua yang dipandang Makasar, namun karena sifat open mindednya khususnya dalam bidang agama menjadikan Ustadz Khalid Basalamah sudah tampil percaya diri sejak kecil hingga sekarang, saat ini pun beliau mengatakan masih suka telfon orang tuanya bukan hanya sebatas menanyakan kabar, melainkan diskusi

Pendidikan dari Ustadz yang memegang teguh kemurnian ajaran islam ini bisa dibilang luar biasa namun tetap menunjukkan sifat down to earth.

S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi), S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia), S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)

Aktivitasnya selain terus belajar dan mengkaji ilmu agama, Beliau juga aktif menysiarkan ilmu yang ia miliki dan diyakini bisa dipertanggung jawabkan.

Salah satu tempat dimana ia sering menysiarkan ilmu agama islamnya adalah di Masjid Nurul Iman, Blok M. Ia hampir rutin setiap rabu malam ba’da magrib mengisi kajian disana dan sudah cukup banyak mengadakan tabligh akabar di  Masjid Nurul Iman Blok M dengan tema Sirah Para Sahabat Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam.

Disamping itu, ia juga memiliki bisnis di bawah naungan KHB (Khalid Basalamah) & Ajwad. KHB sendiri meliput taklimnya dan mengajak para muslimin muslimat untuk umrah bersama beliau dengan semaksimal mungkin sesuai tuntunan sunnah, sementara utuk Ajwad ia titik beratkan sebagai eastern reastaurant dan ia juga aktif dalam membimbing jemaah umroh bersama travel umrohnya Uhud, hal ini juga dilakukan Ustadz Fauzan Abdullah dengan travel umroh murah yang ia kelola dan juga Ustadz Al Habsyi dalam membimbing calon jemaah umrohnya di Hanahajiumroh, perlengkapan dan oleh-oleh haji.

Sebagaimana perjuangan mensyiarkan kemurnian agama islam, tentunya banyak yang kontra dengannya, namun ia sampai saat ini insyaAllah tetap konsisten berada pada pendiriannya. Berikut beberapa sample ceramah yang diambil dari official resmi akun youtubenya.

NIkMATI IBADAH UMROHMU SESUAI TUNTUNAN SUNNAH DENGAN HARGA MURAH

Demikian profil dan biografi Ustadz Dr. Khalid Basalamah MA, semoga menginspirasi kita semua dalam menuntut dan menyebarkan ilmu agama islam. Bila ada kekeliruan mohon diluruskan dan dimaafkan. Sudi kiranya berkenan untuk share artikel ini untuk menambah pundi-pundi jariah kita bila memang bermanfaat.

Wassalamualaykum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *